Pengertian LOGIKA dan ALGORITMA dengan Fungsinya

Pengertian Logika dan Algoritma, tentu kamu sudah pernah mendengarnya, atau bahkan mengenalnya, tetapi tidak tahu pengertian dan fungsinya, kali ini akan saya jelaskan secara singkat, saya tidak menjelaskan dalam betuk soal, tetapi maksud dan fungsinya, berikut di bawah ini :

Apa itu "LOGIKA"
  • Penalaran atau bentuk pemikiran yang masuk akal.
  • ilmu yang diberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan.

  • LOGIKA dalam Ilmu pengetahuan
Logika merupakan sebuah ilmu pengetahuan dimana objek materialnya adalah berpikir(khususnya penalaran /proses penalaran) dan objek formal logika adalah berfikir/penalaran yang di tinjau dari segi ketepatanya.
  • LOGIKA dalam matematika murni
Logika masuk kedalam kategori matematika murni karena matematika adalh logika yang tersistematisasi ,matematika adalah pendekatan logika pada metode ilmu ukur yang menggunakan tanda tanda/symbol symbol matematika (logika simbolik).

Fungsi dari LOGIKA
  • Membentuk setiap orang yang mempelajari logika untuk berfikir secara rasional, kritis, lurus, ketat, tertib, dan metodis.
  • Meningkatkan kemampuan secara format dan objektif.
  • Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemapuan berfikir secara tajam dan mandiri.
  • Memaksa dan mendorong untuk berpikir sendiri dengan menggunakan akses akses sistematis.
  • Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan befikir, kekeliruan, serta kesesata.
  • Mampu melakukan analisis terhadapsuatu kejadian.

Apa itu "ALOGARITMA"

Algoritma adalah urutan penyelesaian masalah yang di deskripsikan secara logis untuk memecahkan suatu masalah. Dalam ilmu komputer Algoritma dikenal dengan langkah-langkah komputasi yang terdiri dari masukan dan keluaran. Karena itu Algoritma biasanya dijadikan dasar atau pengantar bahasa pemrograman (misalnya Pascal) dalam study yang berkecimpung atau berhubungan dengan ilmu komputer. Misalnya Teknik Informatika.

Seperti yang telah diketahui bahwa komputer memerlukan instruksi yang berupa langkah-langkah pengurutan sehingga sebuah prosedur dapat dijalankan. Nah, prosedur yang berisi langkah-langkah penyelesaian masalah inilah yang disebut dengan Algoritma. Jadi, Sebelum masuk kepada tahap pemrograman komputer dengan bahasa pascal/lainnya ada baiknya mempelajari Algoritma yang merupakan pengantar kepada pemrograman komputer tersebut.

Algoritma terdiri dari beberapa notasi yaitu Deskriptif, Bagan-alir, dan Pseudo-Code. Namun yang paling mirip dengan bahasa pemrograman pascal adalah notasi Pseudo-Code. Karena pada notasi ini sedikit menyerap bahasa Pascal. Meskipun tidak semua tata cara penulisan/aturan dalam bahasa pascal diikuti. Algoritma dalam notasi ini sangat cocok untuk lebih mudah memahami atau menjalankan pemrograman dalam bahasa Pascal.

Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Contoh gambar Struktur "LOGIKA ALGORITMA"


Lantas apa fungsinya kita menggunakannya, fungsinya yaitu :
  • Memperkuat cara berfikir kita untuk menyelesaikan suatu masalah
  • Membantu otak agar berfikir panjang
  • Memperkuat analisis ketika pembuatan program
  • Memperluas space berpikir
Buat kamu yang sudah membaca, sekarang kamu tahu, tujuan dari menerapkan LOGIKA dan ALGORITMA, ini juga bukan untuk di pelajari tapi cukup dimengerti, digunakan, dan dikembangkan.
LihatTutupKomentar